PARAPROGRAMER – Kemampuan untuk memperluas dan meningkatkan keuntungan bisnis, tergantung pada kemampuanmu dalam mengatur dan melacak keuntungan yang kamu peroleh. Jika tidak, maka usahamu bisa saja tak membuahkan hasil sama sekali. Kini saatnya kamu untuk lebih perhatian dalam melacak keuntungan. Jangan sampai bisnismu berjalan statis atau bahkan merugi hanya karena kamu kurang baik dalam mengatur keuangan bisnis.

Saat ini, sudah banyak sistem atau software akuntansi yang beredar di pasaran, sehingga kamu harus lebih pintar dalam memilih fitur-fitur akuntansi yang cocok untuk bisnismu. Kemajuan teknologi zaman sekarang sudah memungkinkan UKM untuk mengakses sistem akuntansi yang tidak kalah berkualitas dengan sistem akuntansi milik perusahaan besar. Supaya kamu bisa lebih paham sistem akuntansi jenis apa yang cocok untuk bisnismu, maka kamu perlu mengevaluasi seluruh fitur yang dihadirkan dalam sistem tersebut.

  1. Tidak perlu hitung manual

Menghitung secara manual hanya akan menyita waktu dan tenagamu, padahal dalam berbisnis masih banyak hal yang harus kamu dahulukan. Sistem akuntansi sejatinya sangat praktis dan enggak akan membuang waktumu. Semua laporan keuangan yang digarap dengan sistem akuntansi bisa kamu lihat kapan saja dan di mana saja. Waktu yang biasa kamu gunakan untuk menghitung biaya operasional, bisa kamu gunakan untuk mengatur strategi pengembangan usaha.

  1. Penggunaan lebih mudah

Memilih sistem akuntansi yang hanya bisa dipahami segelintir orang hanya akan membuatmu repot sendiri. Untuk itu pastikan fitur akuntansi yang dipilih bersifat user friendly yang bisa digunakan oleh semua orang termasuk orang awam. Sistem ini juga harus memungkinkan para penggunanya bisa mengatur sendiri apa yang mereka butuhkan, sehingga setiap karyawan bisa mengerjakan tugasnya dengan maksimal.

  1. Sistem yang selalu dikembangkan

Meskipun baru menjajaki bisnis UKM, jangan merasa berat mengeluarkan modal untuk membeli fitur akuntansi yang berkualitas. Artinya fitur ini terus melakukan perkembangan sistem. Membeli sistem akuntansi yang berkualitas bisa menjadi investasi jangka panjang bagi bisnismu.

  1. Dukungan teknis dan backup

Semua barang atau pun jasa pasti memiliki masa berlaku dalam arti akan rusak pada waktunya. Penting bagi kamu untuk menghubungi jasa pembuatan software sistem informasi yang dapat diandalkan. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa berkonsultasi dan meminta bantuan perbaikan sistem informasi kepada ahlinya.

Seperti halnya teknis, fitur backup pada sistem akuntansi juga diperlukan guna berjaga-jaga apabila data-data yang berkaitan dengan bisnismu hilang, karena sistem mengalami gangguan. Data penting seperti laporan keuangan, strategi bisnis, data pelanggan, dan informasi penting lainnya bisa hilang dalam satu kali klik saja. Dengan backup otomatis, hal-hal yang mengancam sistem akuntansi bisa diminimalisir.

  1. Penyimpanan data di Cloud

Di era yang sudah serba digital ini, kamu tidak harus setiap jam berada dalam bisnismu. Kamu bisa pantau perjalanan bisnismu di mana saja, asalkan tetap terkoneksi dengan jaringan internet. Sistem akuntansi berbasis Cloud memungkinkan kamu untuk menjadikannya sebagai media penyimpanan data, sehingga bisa meminimalisir kehilangan atau kecurangan data.

  1. Point of sale

Memilih sistem akuntansi yang sudah terintegrasi dengan sistem kasir akan meringankan beban kerjamu. Pilih fitur akuntansi yang menggunakan point of sale untuk menangani transaksi pelanggan, sekaligus mengerjakan laporan keuanganmu.

Jadi, fitur-fitur akuntansi di atas wajib ada dalam sistem akuntansi. Untuk meringankan bebean kerja dan memaksimalkan bisnis, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa pembuatan sistem informasi software akuntansi dari Paraprogramer. Harga terjangkau untuk kalangan UKM.

Leave a Reply

%d bloggers like this: